Cinque Terre

Keindahan 5 desa di pesisir pantai utara Itali ini bisa dikatakan sedang naik daun, menyuguhkan pemandangan spektakuler dengan bangunan bangunan cantik yang berwarna warni tersusun rapi diatas bukit.

Kelima desa ini dikenal dengan nama 'Cinque Terre' dalam bahasa Itali, cinque=lima dan terre=tanah, mereka adalah Monterosso al Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola dan Riomaggiore yang sejak dahulu adalah desa atau perkampungan nelayan, namun pada tahun 1997 Cinque Terre sudah menjadi bagian dari Unesco.

Perjalanan lumayan panjang yang saya tempuh dari Jakarta untuk menuju Cinque Terre.
Dari Jakarta saya terbang menuju Roma kemudian  Genoa dengan penerbangan domestik, lalu dengan kereta menuju Le Spezia dan akhirnya perjalanan saya pun hampir sampai, setelah sekali lagi mengganti kereta regional ke Vernazza.

Kelima kota di Cinque Terre ini terhubung dengan jalur kereta yang biayanya relatif murah, sekitar €2 per orang dan jika mau kita dapat berjalan kaki/treking dan bisa juga dengan perahu atau kapal feri.

CATATAN: Silakan klik menu di kanan atas untuk pembahasan lebih lanjut mengenai kelima terre!

Cinque Terre

Tinggal & bermalam

Hotel berbintang 4 dan 5 hanya ada di Monterosso, sedang di keempat terre lainnya banyak tersedia bed and breakfast, apartemen dan  hotel berbintang 1 dan 2.

Cinque Terre adalah kota yang berbukit, tinggi dan curam, banyak sekali anak tangga yang harus kita lalui, saran saya jangan membawa koper terlalu besar, karena anda harus menarik dan mengangkatnya dari platform stasiun kereta hingga menuju hotel/tempat tinggal anda, tidak ada porter untuk membantu kita. Juga tidak semua lift di stasiun boleh bebas dipergunakan.
Bahkan ketika kita sudah tiba di hotel/apartemen biasanya kita ditempatkan di lantai2 atau 3.

Untuk hotel-hotel kecil di Cinque Terre ini rata-rata mereka menerima check in terakhir pada jam 6pm-9pm
  • Saran saya, untuk tinggal di satu tempat saja selama di Cinque Terre, tidak perlu berpindah hotel, kita bisa naik kereta untuk mengunjungi terre lainnya, kereta regional sudah beroperasi dari pagi sekitar pukul 8 hingga malam hari pukul 10. Hanya memakan waktu sekitar 3 menit antara 1 terre ke terre lainnya dengan kereta.

• Untuk makanan di Cinque Terre hanya tersedia makanan Itali, kedai makanan dari yang ringan seperti ice cream, bakery, take a way pizza buka sampai sore hari pukul 6, sedangkan restoran dan mini market buka hingga malam hari hingga pukul 11.
    Restoran-restoran menghidangkan makanan yang serupa seperti pasta, lasagna, hasil laut, hingga steak.
    Beberapa restoran sudah buka dari pagi hari menyediakan hidangan sarapan dan kopi terbaik nya.

• Buat penggila belanja, Cinque Terre sudah pasti bukan tempat yang tepat, saya tidak menemukan toko branded satu pun disini, toko-toko souvenir dapat ditemukan dimana-mana di pusat kotanya dan banyak toko penjual wine karena anggur adalah produksi utama di Cinque Terre.