Portofino

Satu lagi pusat wisata di Itali yang menjadi tujuan para jet setter and selebritis dunia, bagian dari propinsi Genoa, Itali. Dulunya adalah desa nelayan, terkenal dengan pelabuhannya yang Indah seperti lukisan dengan gedung-gedung yang di cat berwarna-warni yang sudah menjadi ciri khas di Itali, berjejer teratur dan cantik disekeliling pelabuhan memenuhi garis pantai kota Portofino.

  • Pelabuhan Portofino terletak di teluk yang kecil sehingga tidak terlalu berombak dan tidak memiliki pantai.
    Biasanya menjadi tempat singgah kapal pesiar/yacht para jet setter dan konglomerat dari benua eropa sehingga untuk bermalam di Portofino menurut saya mahal. Harga hotel nya bermulai dari 20jutaan permalam hingga 4jutaan.
    Oleh karena itu banyak wisatawan yang hanya mampir untuk melihat-lihat Portofino, kebanyakan mereka memilih tinggal di daerah Santa Margarita ketimbang di Portofino.

  • Untuk kalian yang gemar belanja, Portofino bisa menjadi tempat yang mengasyikan. Disini banyak butik-butik ternama seperti Louis Vuitton, Dior, Salvatore Ferragamo, Emilio Pucci, Panerai dan desainer-desainer lokal yang sudah memiliki nama.
    Toko-toko cindera mata, galeri lukisan, hingga restoran banyak tersebar di sekitar pelabuhan.

  • Saya sempat mencoba dua restoran yang ada disini, menu makanannya serupa dan semua adalah masakan Itali, pizza,pasta dan seafood.
    Makanan Amerika seperti burger atau Asia sudah pasti tidak tersedia.

Castello Brown menjadi salah satu turis attraction di Portofino.
Bangunan yang tidak terlalu besar berupa kastil dan mirip rumah ini, sekarang sudah dijadikan museum. 
 
Sedikit cerita mengenai kastil ini, didirikan pada awal abad ke 15 yang berfungsi sebagai benteng. Menaranya pernah hancur akibat serangan Napoleon dari Inggris. Kemudian dibeli oleh pejabat dari Genoa yang bernama Montaque Yeats-Brown, olehnya dipugar kembali dan diberi nama Castello Brown. Sejalan dengan waktu saat ini kastil tersebut sudah menjadi milik negara.
 
Dari pelabuhan kita sudah dapat melihat Castello Brown, bangunan ini berdiri kokoh diatas bukit berlawanan arah dengan pelabuhan Portofino sehingga kita dapat menikmati panorama Portofino yang indah dari atas kastil.
 
Untuk naik keatas kastil, dari pelabuhan kita harus berjalan menanjak bukit sekitar 15-20 menit.
Saya sangat menikmati sekeliling teras di kastil ini, selain panoramanya terdapat pohon pinus yg sangat besar yang ditanam oleh Mr Brown pada tahun 1875, terasa sejuk walaupun hari itu sangat panas.

Panorama dari Castello Brown

Teras di Castello Brown

Dari Santa Margarita ke Portofino hanya perlu 15 menit dengan kapal feri yang jadwalnya ada tiap jam mulai dari pukul 9 pagi hingga 7 malam.
 
Menurut saya waktu satu hari sudah cukup untuk berkeliling di Portofino.

 

Rute yang saya ambil untuk ke Portofino,
Dari ibukota Genoa, Itali saya naik kereta di stasiun Piazza Principe menuju Sestri Levante lalu berganti kereta dengan tujuan Santa Margarita, turun di Santa Margarita saya menuju pelabuhannya hanya 15 menit berjalan kaki dan saya naik feri ke Portofino.