Hallsatt

Desa terpencil di wilayah pegunungan Austria ini sangatlah indah layaknya negri di dalam dongeng, dengan rumah-rumah mungilnya yang cantik berdiri menghadap danau dan dikelilingi oleh pegunungan. Dijuluki sebagai permata dari Austria, yah...tepat sekali rasanya kalau Hallstatt mendapat julukan tersebut. 

Perjalanan saya menuju Hallsatt dimulai dari ibukota Austria yaitu Salzburg, menggunakan  kereta dari stasiun sentral Salzburg untuk menuju Hallsatt saya harus mengganti kereta di Attnang Pucheim stasiun, sekitar kurang dari 2 jam akhirnya saya tiba di Hallsatt. 

Tentram dan damai, perasaan yang saya rasakan pertama kali ketika menginjakan kaki di desa cantik ini, bersantai dipinggir danau sambil memberi makan angsa-angsa atau bebek-bebek yang sepertinya sudah terbiasa dengan turis adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Walaupun gerimis turun pada saat itu, tidak sedikit pun mengurangi keindahan desa Hallstatt, dengan semangat saya tetap menjelajahi desa kecil ini.

 

Kita bisa naik kapal mengelilingi danau Hallsatt, tournya ada 3kali dalam sehari, jangan lupa catat waktunya yah supaya tidak ketinggalan.

Kabut turun sore itu, memberikan suasana yang cantik dan mistik

Sedikit fakta mengenai Hallsatt, desa ini sudah berdiri sejak abad 16, gereja katholik yang berdiri di pinggir danau tercatat sudah ada pada tahun 1785 sebagai rumah doa pada saat itu.
Danau Hallsatt memiliki garam natural, sehingga airnya asin yang menjadi mata pencaharian utama penduduk setempat yaitu tambang garam pada jaman dahulu.
'Saking' cantiknya Hallstatt ini sampai-sampai pengembang bangunan di Cina meniru peletakan kotanya sama seperti Hallsatt.
 
Saat ini Hallstatt telah tercatat dalam UNESCO World Heritage yang harus dijaga kelestariannya

Refleksi pada air yang seperti kaca serta pegunungan yang mengelilingi Hallstatt saya merasa seperti sedang di dalam surga kecil

OBERTRAUN

Ketika berkunjung disini saya tinggal di Obertraun dengan satu kali berhenti dengan kereta jika kita turun di Hallstatt atau bisa naik bus umum dengan biaya €2,50 namun jam nya terbatas, bisa dilihat dihalte, atau kalau sudah kemalaman waktu itu saya memesan taxi dengan biaya €12 jaraknya kira-kita 6km dari Hallsatt ke Obertraun.

Desa kecil Obertraun juga cantik memiliki danau sendiri, sangat tenang dan juga dikelilingi oleh pegunungan hutan cemara.

Danau Obertraun