Grand Cannal

Venice/Venezia

Suara dentang lonceng gereja terdengar bersahut-sahutan seakan-akan menyambut kedatangan saya di kota kanal cantik ini.

 
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 15 jam dari Jakarta, akhirnya saya tiba lewat Marco Polo airport di Venezia. 

 

Kota di bagian Utara Italia ini dibangun diatas air dan dikenal dengan kanal-kanalnya sebagai jalur transportasi, merupakan satu-satunya kota di Eropa yang tidak memiliki transportasi mobil atau motor. Hanya tempat tertentu seperti di terminal bus dan stasiun kereta utama di Santa Lucia dimana kita bisa menemukan kendaraan bermotor.

Mengawali kunjungan saya, dari Marco Polo airport untuk menuju San Marco/Grand Canal, pusat dari kota air nan cantik ini, saya harus menggunakan jalur air, pilihannya:
- Venice water taxi atau
- Water Bus (Vaporetto dalam bahasa Italia) 
 
Saya memilih Alilaguna water bus karena ongkosnya jauh lebih ringan ketimbang taxi air, tiket bus air seharga €15 untuk sekali jalan ini bisa dibeli setelah kita turun dari pesawat di dalam Marco Polo airport atau di loket terminal, yang hanya perlu 10 menit berjalan kaki dari pintu exit kedatangan, tidak usah khawatir tersesat karena petunjuk nya sangat jelas. 
Venezia adalah kota yang romantik dan tiap sudutnya sangat cantik juga fotogenik, saya pun berkeliling tanpa perlu menggunakan peta, kalaupun tersesat dengan mudah saya dapat menemukan petunjuk arah.
 
Toko-toko ternama international maupun lokal hingga toko souvenir bertebaran dimana-mana, bisa dikatakan Venezia adalah surga bagi penggila belanja.

Grand Canal

Grand Canal
Adalah kanal terbesar yang menjadi koridor lalu lintas air utama di kota Venezia ini. Semua transportasi umum harus melewati Grand Canal ini.

Gondola

Gondola, 
Rasanya belum pas kalau ke Venezia belum naik gondola, untuk mengelilingi kota diatas air ini selama 40 menit, saya harus merogoh kocek sebesar €80,  pengemudi gondola yang sudah  berlisensi ini sangatlah mahir mengendarai gondolanya melewati kanal-kanal yang ramai dan sempit.

Gondola

Piazza San Marco

Venezia terkenal dengan alun-alunnya Piazza San Marco yang tidak pernah sepi oleh turis, di kompleks alun-alun ini terdapat gereja Katedral Saint Mark's Basilica, kita bisa masuk dan melihat kemewahan gereja yang sudah berdiri sejak tahun 1807 ini, tapi dilarang mengambil foto yah. 
 
Ditengah alun-alun San Marco terdapat Bell Tower/menara lonceng dari gereja Saint Mark's Basilica. Yang mejadi simbol paling dikenal dari Venezia.
Dengan membayar €6 per orangnya kita dapat naik ke atas menara bell tower ini untuk melihat keindahan kota Venezia dari atas.

panorama dari atas bell tower

Ponte dell Academia

Ponte dell Academia 
Adalah satu dari beberapa jembatan yang terkenal di Venezia, menghubungkan kanal utama dengan kanal lainnya.
Menjadi tempat favorit para fotografer untuk mengambil foto, saat matahari terbit maupun terbenam. 

Rialto Bridge

Rialto Bridge
Adalah jembatan tertua di Venezia, menghubungkan San Marco dan San Polo dan merupakan tempat yang harus dikunjungi saat di Venezia

 

Haus atau lelah berjalan kaki? tinggal pilih mau menikmati gelato (es krim) Italia yang sangat terkenal dengan es krim buatan rumahnya atau 'nongkrong' di kafe.  Kafe-kafe bertebaran disetiap tempat maupun 'gang' jadi kita tidak perlu bingung mencari tempat makan.

Saya memilih bulan Oktober untuk mengunjungi Venezia, di bulan ini cuaca cukup bersahabat, sekitar 13-20 derajat Celsius.
Walaupun Okt bukanlah musim liburan, Venezia tidak pernah sepi dari pengunjung, tiap harinya ribuan turis datang untuk menikmati cantiknya kota kanal ini.

Haus atau lelah berjalan kaki? tinggal pilih mau menikmati gelato (es krim) Italia yang sangat terkenal dengan es krim buatan rumahnya atau 'nongkrong' di kafe.  Kafe-kafe bertebaran disetiap tempat maupun 'gang' jadi kita tidak perlu bingung mencari tempat makan.

Setelah puas berkeliling disekitar San Marco, Venezia kita bisa jalan-jalan ke tempat lain yang tidak kalah menariknya dengan San Marco seperti Lido, Murano, Mazzorbo atau Burano, dengan water bus kita bisa mengunjungi tempat-tempat ini.  

 

Burano